Thursday 15 September 2016

Tak Cuma Urusan Kebersihan Kulit, Stres dan Merokok Juga Picu Jerawat

Jerawat muncul tak cuma karena Anda jarang mencuci muka atau jarang memerhatikan kebersihan kulit. Faktanya banyak hal lain yang juga bisa memicu datangnya jerawat.

Beberapa di antaranya adalah pemakaian kosmetik yang tidak sesuai, sering stres dan kebiasaan merokok. Dibenarkan oleh dr Suksmagita Pratidina, SpKK, atau dr Gita, bahwa jerawat adalah kondisi multifaktor.

"Penyebab jerawat itu ada bermacam-macam, dan ini penting untuk diketahui. Sebab kan tatalaksana jerawat berbeda-beda sesuai dengan faktor penyebabnya. Ada yang karena faktor ras, nutrisi atau stres," papar dr Gita dalam Diskusi Media Bayer: Kenali Jerawat Hiperandrogen dan Dampaknya Bagi Perempuan, di The Hermitage, Menteng, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Penyebab utama jerawat dikatakan dr Gita yaitu peningkatan produksi sebum atau kelenjar minyak, yang kemudian jika terkena bakteri atau ada hiperkeratinisasi (penebalan lapisan kulit), maka akan mudah memicu radang dan jerawat.

Keratinisasi kulit dan penyumbatan folikel dapat mempercepat terbentuknya jerawat, sementara bakteri normal pada kulit yang dikenal sebagai P.acnes, menghasilkan substansi yang mengiritasi sehingga dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

"Akumulasi dari faktor-faktor itu memang akan menjadi inflamasi atau peradangan, yang kemudian menjadi jerawat," imbuhnya.