Thursday 15 September 2016

Jangan gegabah kalau sedang berjerawat

Salah satu kesalahan lain yang juga bisa membuat jerawat semakin parah disebutkan dr Gita yakni facial. Facial jika dilakukan saat kulit sedang berjerawat dan tak bersih, juga dapat memicu peradangan yang semakin besar.

"Jangan gegabah kalau sedang berjerawat, misalnya langsung buru-buru mau facial. Padahal tidak semua kondisi kulit berjerawat butuh facial. Tindakan-tindakan yang tidak sesuai ini kadang justru dapat memperparah jerawat," imbuh dokter yang juga praktik di Erha Clinic tersebut.

Menurut dr Gita, di sinilah pentingnya berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai pengobatan jerawat. Dokter biasanya akan mencari tahu dulu kondisi kulit pasien dan penyebab dari si jerawat itu sendiri. Dengan begitu, tindakan pengobatan yang diberikan pun bisa disesuaikan.

"Misalnya penyebab sebenarnya produksi minyaknya yang berlebih, lalu dia malah pakai kosmetik yang tidak sesuai, ya pasti jadi berisiko berjerawat. Yang terpenting kenali dulu kulitnya, penyebabnya, baru diobati dengan benar," pesan dr Gita.